Kamis, 03 Juni 2010

Stretching Bikin Tubuh Lebih Lentur


Ketika Anda merasa begitu letih setelah seharian duduk menghadapi komputer, sisihkan waktu untuk melakukan peregangan. Entah yang Anda lakukan hanya sekadar ngulet, pergerakan tersebut tetap akan melemaskan otot-otot yang kaku.

Dave Nuku, pelatih kebugaran untuk The Biggest Loser Asia, mengatakan, seiring pertambahan usia, otot dan urat kehilangan elastisitas. Hal ini membuat tubuh kehilangan koordinasi dan menjadi terbatas kemampuan geraknya. Peregangan dan teknik relaksasi otot dapat memperbaiki kemampuan gerak otot dan melindunginya dari penuaan dini. Jika fleksibilitas sudah Anda dapatkan, tubuh Anda akan memperoleh kebebasan untuk bergerak lebih luwes.

Dalam sebuah studi yang dilaporkan di The Journal of Strength and Conditioning Research, relawan mengikuti latihan kekuatan tiga kali seminggu. Separuh dari mereka menambahkan dua sesi peregangan dalam latihan rutin mereka. Setelah 8 minggu, grup yang menambahkan sesi peregangan ini membuat otot mereka lebih kuat hampir tiga kali lipat.



sumber : kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar