Senin, 19 April 2010

menara petronas

Menara Kuala Lumpur atau Kuala Lumpur Tower dalam bahasa Inggris adalah sebuah menara di Kuala Lumpur, Malaysia yang dibuka pada tahun 1995 dan mencapai ketinggian 421 m, tertinggi ke-6 di dunia. Menara ini digunakan untuk memperlancar komunikasi dan seperti menara-menara tinggi lainnya, menara ini juga menyediakan dek observasi.

Konstruksi

Pembangunan Menara Kuala Lumpur dimulai pada Oktober 1991 dan terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama adalah pelebaran Jalan Punchak dan ekskavasi sampai 15 Agustus 1992. Tahap kedua adalah pembangunan fondasi dan basement yang dimulai pada 6 Juli 1992 dan selesai pada 15 April 1993.

Pada Mei 1993, tahap ketiga dimulai untuk membangun struktur utamanya, yaitu menara dan bangunan untuk turis. Bangunan tersebut dirancang dan didekorasi dengan dekorasi yang mencerminkan budaya Islam di Malaysia salah satunya adalah kubah di lobi yang terbuat dari kaca yang ditata sedemikian rupa sehingga tampak seperti berlian dalam bentuk Muqarnas oleh perajin Iran dari Isfahan.

Pada 13 September 1994, Perdana Menteri Malaysia saat itu, Dr. Mahathir Mohamad, melakukan Topping-Up Ceremony di mana antena dipasang dan menara tersebut mencapai ketinggian 421 m. Kemudian, pada 1 Oktober 1996, menara ini dibuka secara resmi oleh Mahathir Mohamad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar