Senin, 31 Mei 2010

Lupa Nama? Tidak Lagi!

Saat berada dalam acara gathering, kita seringkali harus berkenalan dengan orang baru. Bila hanya satu orang, mungkin tidak masalah. Tapi, jika dalam momen itu ada beberapa orang yang baru pertama kali kita temui, tentu tidak mudah untuk langsung mengingat nama mereka masing-masing.

Scott Ginsberg, penulis buku The Power of Approachability, membagi tiga tip jitu yang bisa kita coba. Tip ini akan membantu kita untuk mudah mengingat nama para kenalan baru itu, jika di lain waktu bertemu lagi.

1. Ulangi nama orang yang bersalaman dengan kita dengan tegas, sesaat setelah ia menyebutkan namanya. Ucapkan lagi namanya di akhir percakapan. Selama ngobrol, cobalah menyebut namanya beberapa kali dalam benak kita, sambil mengingat karakter wajahnya. "Kita lebih mudah mengingat sesuatu yang sudah disebut selama tiga kali," tambah Ginsberg.

2. Buat ingatan khusus antara nama dan kesan khas yang kita tangkap dari orang itu. Misalnya, Sarah yang suka warna merah.

3. Tulis namanya pada secarik kertas, usai kita selesai berbincang dengannya. Lengkapi dengan keterangan mengenai proses perkenalan kita dengannya.


sumber :kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar