Kamis, 20 Mei 2010

Tips Meningkatkan Konsumsi Sayuran

Mengonsumsi sayuran masih menjadi tugas berat bagi sebagian orang. Mereka menyadari pentingnya sayuran, tetapi tidak menyukai rasanya. Sayuran dirasa hambar atau pahit, sehingga membuat mereka cepat bosan. Akhirnya, sayuran menjadi pilihan terakhir dalam menu makan mereka.

kalo kamu mengalami hambatan seperti ini, namun tetap ingin meningkatkan konsumsi sayuran, coba deh ubah cara kamu. Makanlah sayuran sedikit demi sedikit, atau variasikan jenis dan cara mengolahnya. Berikut tips untuk meningkatkan konsumsi sayuran dari Edwin Lau, healthy chef, dalam bukunya, Healthy Express, Supersehat dalam 2 Minggu:

1. Beli sayuran pada musimnya, karena selain lebih murah, kualitasnya pun paling baik.
2. Beli sayuran yang mudah disiapkan dan tidak cepat busuk, seperti buncis, selada, paprika, atau tanaman rambat yang tinggi serat, seperti ubi, singkong, dan talas.
3. Variasikan pilihan sayuran setiap harinya, baik dari segi warna maupun cita rasa agar tetap menarik.
4. kalo kamu bosan dengan sayuran yang harus dimasak, cobalah beberapa jenis sayuran impor yang bisa dimakan mentah sebagai salad. Namun, gunakan saus salad secukupnya.
5. Pilih sayuran dengan kandungan potasium tinggi, seperti ubi, kentang, kacang-kacangan, tomat, bit, kacang kedelai, labu, bayam, dan lentil.
6. Tambahkan saus, bumbu, atau penyedap yang rendah gula dan garam agar sayuran menjadi lebih sehat.
7. Siapkan bahan yang segar agar kadar garamnya tidak terlalu tinggi. Produk dalam kemasan atau kalengan biasanya memiliki kadar garam (sodium) sangat tinggi.
8. Jadikan sayuran, seperti sayur tumis, lodeh, atau sup, sebagai menu utama, lalu tambahkan jenis bahan makanan berserat lain sebagai pelengkap.
9. Sertakan salad sayuran sebagai menu pembuka pada setiap makan.
10. Tambahkan irisan wortel atau mentimun pada roti isi daging, casserole, dan sebagainya.
11. Sertakan sayur cincang pada saus pasta atau lasagna.
12. Pesan pizza dengan tambahan isi sayuran, seperti jamur, paprika, dan bawang bombai.
13. Gunakan sayuran yang dihaluskan, misalnya ubi, untuk mengentalkan rebusan, sup, dan saus. Hal ini sekaligus menambah kadar nutrisi, cita rasa, dan tekstur.
14. Panggang sate sayuran sebagai bagian dari masakan BBQ. Cobalah berbagai jenis jamur, tomat, paprika, dan bawang bombai.
15. Tambahkan warna pada salad dengan menambahkan wortel muda, irisan kol merah, bit, atau daun bayam merah.
16. Sertakan jenis kacang-kacangan pada masakan yang berbumbu, khususnya pada beberapa jenis soto nusantara yang tidak menggunakan santan sebagai kuahnya, misalnya soto bandung, rawon, sup kacang merah, dan lain-lain.
17. Simpan semangkuk irisan sayuran pada wadah tembus pandang dalam lemari pendingin. Wortel dan batang seledri cukup tradisional, jadi coba kembang brokoli, irisan mentimun, dan irisan paprika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar